-->

Contoh Surat Wasiat

Surat Wasiat Warisan Versi Word - Surat wasiat Adalah merupakan sebuag surat menerangkan pernyataan sah yang penulisnya selaku pewasiat mencalonkan sejumlah orang guna mengurusi hartanyabilamana pewasiat meninggal dunia. Wasiat pun dapat menilai amanat wasiat yang melulu berlaku sesudah kematian pewasiat.

Siapapun yang sudah menjangkau dewasa dan berakal sehat bisa merancang wasiat sendiri tanpa pertolongan pengacara, diperbanyak lagi dengankriteria-syarat beda menurut keterangan dari bidang kuasa, laksana berikut:

Pewasiat harus memperlihatkan dirinya selaku pengarang wasiat dengan jelas, dan wujudnya surat wasiat; beginilah "penerbitan" wasiat yang dilengkapi dengan ucapan "wasiat" di lembaran depan surat.

Cara Membuat Surat Wasiat Bantuan Notaris dan Tidak di Microsoft Word Tanpa Ribet 


Contoh Surat Wasiat Oleh Notaris

SURAT WASIAT

Pada hari ini, kamis tanggal 05 mei 2010 bertempat di Trowulan Mojokerto. Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                           : Daresss
Tempat/Tanggal Lahir    : Mojokerto, 14 januari 1960
Alamat                         : Jln. Arab - Mojokerto No 15 (Tulis lengkap)
No. KTP                      : 3516188999888666 (16 digit ya.)

Bersama ini menerangkan hal-hal sebagai berikut :

1. Bahwa, saya adalah pemilik yang sah atas harta kekayaan di bawah ini :
  1. Sebuah Tanah Hak Milik dengan Sertifikat Hak Milik (SHM) Nomor 234/3456 atas nama Rubianto yang bertempat di jalan Melati No. 24, Banda Aceh, Indonesia.
  2. Sebuah Ruko Hak Milik dengan Sertifikat Hak Milik (SHM) nomor 1342/25643 atas nama Rubianto yang terletak di jalan Mawar No. 30, Banda Aceh, Indonesia.
  3. Sebuah kendaraan roda empat merek Toyota nomor BPKB 54673825 nomor STNK 256743567812
2. Bahwa, harta kekayaan saya tersebut sebagaimana dimaksud dalam angka 1 di atas, pada saat ini tidak sedang terlibat dalam sengketa hukum apapun, tidak sedang dijadikan jaminan jenis hutang apapun, dan tidak sedang berada dalam penyitaan pihak Bank dan Instansi manapun.
3. Bahwa, saya bermaksud untuk menghibah wasiatkan harta kekayaan saya tersebut sebagaimana dimaksud angka 1 di atas kepada Andi Susanto anak kandung saya dan Julianto keponakan saya. Berdasarkan surat wasiat ini, yang nama-nama serta bagiannya masing-masing sebagaimana yang akan saya nyatakan di bawah ini :

Agar melaksanakan wasiat di atas, maka dengan ini saya mengangkat Andi Susanto anak saya dan Julianto keponakan saya sebagai pelaksana surat wasiat ini. Kepadanya saya berikan semua hak dan kekuasaan yang menurut undang-undang diberikan kepada pelaksana wasiat, terutama hak untuk memegang dan mengurus serta menguasai semua harta peninggalan saya, sampai kepadanya diberikan pengesahan dan pembebasan sama sekali.

Untuk melaksanakan surat ini, saya menitipkan surat wasiat ini kepada notaris Abdul Kadir, S.H., Notaris di banda Aceh yang saya kenal, dan kepadanya saya telah meminta dibuatkan akta penitipan atas surat wasiat ini.

Demikianlah surat wasiat ini saya buat, dengan disaksikan oleh saksi-saksi yang saya percaya.

1. Naruto (Kepala Desa)  (tanda tangan saksi)
2. Forlapes, S.H (Pegawai Notaris) (tanda tangan saksi)

Yang berwasiat                                                                      Notaris

                                          Materai Rp. 6000-,

Daresss                                                                        Abdul Kadir, S.H.,

Contoh Surat Wasiat Tanpa Notaris

SURAT WASIAT WARIS

Kami Yang Bertanda Tangan Di Bawah Ini :

Nama               : Zulfahmi
Tempat Lahir    : Banda Aceh
Tanggal Lahir   : 23 Agustus 1960

Sebagai Ayah Angkat

Saya dengan sadar dan tidak ada paksaan membuat Pernyataan Surat Wasiat Waris atau Hibah Harta Saya, kepada anak – anak angkat saya, yang telah saya sebutkan yaitu :

Materai Rp.6000,-

1. Fajri               (……………………)
2. Suhaimi          (……………………)

Untuk menyerahkan sebagian harta saya kepada mereka yang tertulis dibawah ini:
Rumah yang saya diami sekarang ini dan tanah perumahan yang ada didepan rumah saya beserta Perkebunan yang ada dibelakang rumah saya Apabila saya sudah tidak ada, dengan ketentuan harta itu digunakan, untuk menyelesaikan semua permesalahan utang piutang saya jika ada, 30 % saya wakafkan dari sisa harta keseluruhan, Dan harta yang tersisa dari penggunaan yang telah disebut, maka saya serahkan dengan pembagian rata kepada anak angkat saya yang telah saya sebutkan.

Demikianlah surat pernyataan Wasiat waris atau hibah harta saya buat,dengan di saksikan oleh saksi-saksi yang saya percaya.

Saksi dari keluarga saya:

1. Zulhilmi  ( Adik  kandung ) (tanda tangan)
2. Zulfajri  ( Adik  kandung ) (tanda tangan)

Banda Aceh, 05 April 2016
Yang Berwasiat Waris Ayah Angkat


Zulfahmi

Mengetahui                                                                             Mengetahui                  
Ketua RT. 05                                                                           Lurah/Kades


Subhan                                                                                   Mukhlis
NIP.                                                                                        NIP.
Demikian contoh surat yang dapat kami sampaikan, kurang lebihnya kami  mohon maaf yang sebesar-esarnya.

0 Response to "Contoh Surat Wasiat"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel